Sambutan Ketua

Bismillahi wabihamdihi

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Dengan penuh rasa syukur kehadirat Allah SWT, kami menyambut pembaharuan situs web resmi STKIP Paracendekia NW Sumbawa ini sebagai wadah sosialisasi perguruan tinggi kepada seluruh pemangku kepentingan dan khalayak luas di manapun berada. Perkembangan teknologi informasi, keadaan dunia yang rentan terjadinya pandemi, dan kebutuhan eksistensi institusi menjadikan tata kelola situs web, platform media sosial, dan sistem pembelajaran elektronik sebagai kegiatan wajib (core activities) dari tata kelola tri darma perguruan tinggi.

STKIP Paracendekia NW Sumbawa  beroperasi sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 09/E/O/2013 tanggal 10 Januari 2013. Perguruan tinggi ini mengelola dua program studi jenjang sarjana, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika, keduanya memiliki status Terakreditasi C (Baik) sesuai Surat Keputusan BAN-PT  Nomor 1138/ SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017 dan Nomor  112/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018.

Perguruan tinggi ini memiliki dosen tetap berjumlah 22 orang (14 orang dosen tetap Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan 8 orang dosen tetap Program Studi Pendidikan Matematika) terdiri dari 1 orang doktor dan 21 orang magister (aspek Pendidikan); 1 orang lektor kepala 700 (associate professor), 1 orang lektor 300, 2 orang lektor 200, 13 orang asisten ahli, dan 3 staf pengajar (aspek jabatan fungsional); 15 orang telah memiliki sertifikat dosen profesional; enam dari dosen ini adalah lulusan perguruan tinggi Australia. Keilmuan dosen meliputi pendidikan bahasa Inggris, linguistik, sastra, pendidikan matematika, pendidikan sains, ilmu Pendidikan, dan Pendidikan agama Islam.

Beberapa prestasi hibah kompetitif yang telah diperoleh oleh dosen STKIP Paracendekia NW Sumbawa antara lain hibah pengabdian pada masyarakat (2014), hibah penelitian dosen pemula (2015, 2016, 2020), hibah pembelajaran jarak jauh (2020) semuanya dari Kemendikbud-Ristek, hibah penelitian dari Pemda Sumbawa (2019 dan 2020), hibah penelitian pengembangan Alumni Grant Scheme dari Pemerintah Austalia (2021), juri terbaik National University Debating Championship dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (2020), dan Short Term Award “Building foundations to prepare Indonesians with 21st century skills” dari Pemerintah Australia (2021).

Para dosen juga terlibat dalam berbagai kegiatan tridarma perguruan tinggi di luar kampus antara lain menjadi narasumber INOVASI NTB, asesor BAN S/M Provinsi NTB, anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa, Wakil Ketua Dewan Riset Daerah Kabupaten Sumbawa, Ketua Forum Kewaspadaan Masyarakat Kabupaten Sumbawa, pengurus inti  MUI Kabupaten Sumbawa, dan pengurus inti Nahdlatul Wathan Kabupaten Sumbawa. Perguruan tinggi ini memiliki jumlah mahasiswa aktif 195 orang (119 perempuan, 76 laki-laki; 142 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 57 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika)dan 66 alumni. Para mahasiswa rata-rata memiliki latar belakang ekonomi lemah dan penerima beasiswa Bidik Misi/KIP-Kuliah dan Kemdikbud-Ristek dan dari Pemerintah Provinsi NTB.

Beberapa prestasi yang diraih mahasiswa STKIP Paracendekia NW Sumbawa adalah peserta terbaik Olimpiade MIPA kategori Matematika tingkat wilayah Nusa Tenggara (2015), pemenang hibah Bina Desa  dari Kemenrisek-Dikti (2015 dan 2016), semifinalis National Debating Championship tingkat Bali Nusra (2017), semifinalis Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia tingkat Bali Nusra (2018), Duta Bahasa NTB dan Duta Bahasa Nasional kategori favorit tingkat nasional (2019), dan pemenang hibah kewirausahaan mahasiswa dari Kemdikbud-Ristek (2021). Dalam dua tahun terakhir, mahasiswa STKIP Paracendekia NW Sumbawa terlibat sebagai relawan literasi untuk mendukung percepatan kemampuan baca tulis bagi para siswa SD kelas awal di Kabupaten Sumbawa melalui binaan INOVASI NTB, lembaga kemitraan Pemerintah Australia dan Indonesia. Lima puluh lulusan telah terserap di dunia kerja antara lain sebagai guru, pemandu wisata, pegawai hotel, pegawai kapal pesiar, dan pekerja sosial. Sebagian yang lain ada yang melanjutkan ke jenjang pascasarjana di luar negeri.

Kami mengharapkan dalam tahun 2021 dan 2022 STKIP Paracendekia NW Sumbawa meningkatkan status akreditasi institusi dan program studinya, dan mengajukan beberapa usulan beberapa prodi baru sehingga dapat memberikan layanan yang lebih berkualitas dan variatif kepada masyarakat. Untuk itu, dukungan dari seluruh pemangku kepentingan selalu kami nantikan  untuk pencapaian visi, misi, tujuan, dan program perguruan tinggi tercinta ini.

Wallahul muwwafiqu walhadi ilasabilirrasyad

Wassalamu’alaikum warahamatullahi wabarakatuhu

Sumbawa Besar, 18 Mei 2021
Ketua STKIP Paracendekia NW Sumbawa

H. Iwan Jazadi, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Upcoming Events

Recent Posts