WISUDA PROGRAM STRATA-1 ANGKATAN VI KAMPUS STKIP PARACENDEKIA NW SUMBAWA T.A. 2021/2022

Sumbawa – STKIP Paracendekia NW Sumbawa menggelar acara wisuda mahasiswa Program Strata-1 (S1) Pendidikan Bahasa Inggris Angkatan VI Tahun Akademik 2021/2022. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Desember 2022 yang bertempat di Aula Hotel Parahyangan Sumbawa dan untuk pertama kalinya acara wisuda dilaksanakan di luar lingkungan The Green Campus. 

Acara wisuda dihadiri oleh perwakilan Bupati Sumbawa, perwakilan Kepala LLDIKTI wilayah VIII Bali dan Nusa Tenggara Barat, Ketua pengurus daerah NW Sumbawa, dan para orang tua/wali wisudawan. Pada tahun ini, The Green Campus berhasil mewisudakan 18 orang wisudawan dimana 12 wisudawan berasal dari Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan 6 wisudawan berasal dari Program Studi S1 Pendidikan Matematika.

Acara wisuda dibuka secara simbolis oleh Ketua Senat STKIP Paracendekia NW Sumbawa, Bapak Assoc. Prof. H. Iwan Jazadi, S.Pd., M.Ed. Ph.D. Beliau dengan bangga menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati. Dalam pidatonya beliau sedikit bercerita tentang kampus hijau, “Menurut perspektif sebagian orang, prodi yang kami punya ini memang prodi yang kompetitif yaitu Bahasa Inggris dan Matematika. Tetapi semua wisudawan yang ada pada hari ini sudah membuktikan dan lulus dengan kemampuan yang sangat luar biasa,” tutur beliau.

Bapak Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Assisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Sumbawa, Ir. Dirmawan, juga menyampaikan pesan terhadap para wisudawan. 

“Rintangan dan tantangan yang sebenarnya akan dihadapi setelah wisuda. Karena, perjalanan hidup itu tidak selalu mulus seperti yang kita bayangkan. Saya merasa bangga dan turut berbahagia karena pada hari ini STKIP Paracendekia NW Sumbawa melahirkan para wisudawan baru yang semakin maju berlandaskan globalitas. Untuk itu semoga semua lulusan bisa memberikan perubahan di masyarakat,” pesan beliau.

Sambutan lainnya datang dari Kepala LLDIKTI Wilayah VIII yang diwakili oleh Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan LLDIKTI VIII, Bapak I Wayan Sudarma, S.Sos, M.AP. Sambutan ini disampaikan secara langsung, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang melalui media online dalam bentuk video. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa ujian terberatnya bukan berada di perguruan tinggi melainkan di masyarakat. Mutu perguruan tinggi sekarang sedang giat-giatnya dibina. Di akhir pidato, beliau berpesan kepada para wisudawan untuk senantiasa menjaga nama baik kampus dengan cara menemukan jati diri sebagai sarjana yang beriman dan bertaqwa. 

Tidak ketinggalan, Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah  (PW NWDI)  Povinsi NTB yang diwakili oleh Ketua IV, Bapak H. Mas’un S.Pd., S.H. menyampaikan bahwa perlu adanya upaya-upaya dalam meningkatkan daya saing pengembangan program studi dapat memberikan ruang yang lebih luas menjadi Sumbawa Pendidikan.

Sebagai bentuk penghargaan, kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa memberikan piagam penghargaan kepada Wisudawan Berprestasi dan Wisudawan Terinspiratif. Kedua penghargaan ini masing-masing diberikan kepada salah satu perwakilan lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan Program Studi S1 Pendidikan Matematika. 

Wisudawan Berprestasi dianugerahkan kepada Della Tri Rizqiyah, S.Pd. (S1 Pendidikan Bahasa Inggris) dan Sa’nia Ahyini, S.Pd. (S1 Pendidikan Matematika). Sementara itu, Wisudawan Terinspiratif dianugerahkan kepada Gunawan, S.Pd. (S1 Pendidikan Bahasa Inggris) dan Vina Setya Lestari, S.Pd. (S1 Pendidikan Matematika).

Acara selanjutnya adalah pembacaan kesan dan pesan oleh Della Tri Rizqiyah, S.Pd. sebagai wisudawan terbaik Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris dengan Indeks Prestasi Mahasiswa (IPK) 3,91. Ucapan syukur, terima kasih dan permintaan maaf disampaikannya kepada kedua orang tua, para dosen, teman-teman mahasiswa, serta kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa. Di akhir pidatonya, Della meminta restu kepada bapak/ibu dosen agar ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan selama berkuliah dan bisa berguna di masyarakat.

Sebelum acara selesai, para tamu acara wisuda disuguhkan dengan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh  mahasiswa kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa. Kemudian para tamu menyaksikan video inspiratif berisi kisah perjuangan berkuliah sambil bekerja dari salah satu mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika yaitu Vina Setya Lestari, S.Pd. yang berhasil menyentuh hati para tamu undangan.

Penampilan selanjutnya datang dari kelompok paduan suara yang membawakan sebuah lagu yang sangat menginspirasi semua orang untuk tidak takut dalam bermimpi sesuai dengan judulnya yaitu “Dreamers”. Acara wisuda diakhiri dengan pembacaan doa. Semoga ilmu yang didapatkan selama berkuliah di kampus STKIP Paracendekia dapat bermanfaat bagi diri para wisudawan dan wisudawati, orang lain, hingga lingkungan sekitar mereka.

Fotografer: Deni Salifitrawan & Sarina Pupsa (UKM Multimedia & Jurnalistik)

Penulis: Marisa Fitri (UKM Multimedia & Jurnalistik)

Editor: Dita Rezkia Utami (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Upcoming Events