STKIP Paracendekia NW Sumbawa Memperingati Hari Guru Nasional 2022

SUMBAWA, UKM Multimedia dan Jurnalistik – STKIP Paracendekia NW Sumbawa memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022 yang jatuh pada Jumat (25/11) lalu. Acara ini disukseskan oleh BEM STKIP Paracendekia NW Sumbawa. Acara dihadiri oleh Ketua STKIP Paracendekia NW Sumbawa, Pembantu Ketua II Bidang Administrasi dan Keuangan, Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Kaprodi S1 Pendidikan Matematika, dosen-dosen Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan S1 Pendidikan Matematika, staff kampus, dan seluruh mahasiswa STKIP Paracendekia NW Sumbawa.

Acara yang dimulai pada pagi yang cerah itu diawali dengan pembacaan Sholawatun Nahdatain oleh  M. Solikin, salah satu mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Matematika Semester V. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Kampus Hijau, Bapak  H. Iwan Jazadi S.Pd., M.Ed., Ph.D. Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan bahwa perayaan Hari Guru Nasional merupakan momentum untuk lebih mengenal, mengintrospeksi, dan melihat ulang bagaimana perjuangan dari para guru atau dosen yang telah sangat banyak berjasa pada kita, murid-murid mereka. 

“Betapa pentingnya pendidikan yang difasilitasi oleh pendidik, oleh guru, bahwa pendidikan yang berlangsung secara otodidak dan dilakukan secara mandiri tentu merupakan tempat pendidikan yang sangat baik tetapi semua proses tersebut harus didahului dengan awalan yang baik dari jasa pendidik,” ujar beliau.

Beliau juga berpendapat bahwa kita harus menghargai jasa seorang guru dan betapa pentingnya peran guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang memberikan banyak hal untuk orang lain.

Selanjutnya, salah satu mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Semester I, Khofifah Indar PDF, menjadi perwakilan bagi seluruh mahasiswa, membacakan puisi pengungkapan isi hati kepada segenap dosen yang hadir pada acara itu.

“Terima kasih untuk pahlawan tanpa jasa, untuk segala rasa sabar tanpa batas bagaikan mentari yang selalu menyinari kami dengan ilmu pengetahuan dan membimbing kami dengan keikhlasan tanpa kemarahan,” ucapnya dalam bait puisi yang dibacakan.

Di pertengahan acara, salah satu mahasiswa membawa kue sebagai bentuk simbolis yang diserahkan kepada dosen dan staf yang hadir pada hari itu. Acara diiringi dengan pemotongan kue dan dilanjutkan dengan kegiatan bersalaman antara dosen, staf, dan mahasiswa Kampus Hijau. Dalam momen ini, semua mahasiswa merasa terharu dan menangis. 

Dalam rangkaian acara hiburan singkat, salah satu mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Semester I, Ferdi Junianto, menyanyikan lagu “Hymne Guru” diiringi oleh seluruh mahasiswa yang hadir.

Akhirnya, acara pun ditutup dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Semester I, Muhammad Arya Sukmadinata. Perayaan Hari Guru Nasional 2022 ini terangkai dengan sederhana namun penuh makna, membuat mahasiswa dan dosen Kampus Hijau kian memiliki ikatan yang kuat.

Fotografer: Nurul Hidayati dan Deni Salifitrawan (UKM Multimedia & Jurnalistik)

Penulis: Safira Ladita & Marisa Fitri (UKM Multimedia & Jurnalistik)

Editor: Dita Rezkia Utami (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Upcoming Events