PKKMB STKIP Paracendekia NW Sumbawa T.A. 2022/2023: Semangat Berkomitmen Kuat dan Bersungguh-sungguh dalam Menjalani Pendidikan

Sumbawa – Sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun bagi seluruh kampus atau perguruan tinggi di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru. Sama halnya dengan kampus lain, kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa juga melaksanakan kegiatan tersebut yang biasa disebut PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru).

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, sejak tanggal 31 Agustus – 2 September 2022 yang bertempat di Aula Atas The Green Campus. Ada yang berbeda pada pelaksanaan PKKMB tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu dari segi pakaian mahasiswa baru. Di tahun sebelumnya, para mahasiswa diwajibkan hanya menggunakan baju hitam putih tetapi di tahun ini mereka menggunakan pakaian berbeda di tiap harinya. Pada hari pertama, para peserta PKKMB menggunakan pakaian hitam putih, hari kedua menggunakan batik, dan di hari terakhir menggunakan gamis dan baju koko. Selama kegiatan PKKMB berlangsung, mahasiswa baru bukan hanya diberikan pembekalan berupa materi mengenai gambaran kehidupan kampus tetapi juga diselingi dengan games atau permainan. 

Hari pertama merupakan pembukaan sekaligus penyampaian materi. Acara turut dihadiri oleh Ketua STKIP Paracendekia NW Sumbawa, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Kaprodi Pendidikan Matematika, dosen-dosen, serta mahasiswa baru peserta PKKMB. Seperti biasanya acara dibuka langsung oleh (Assoc.) Prof. H. Iwan Jazadi, S.Pd., M.Ed., Ph.D. selaku Ketua The Green Campus. Dalam sambutannya, ia menyampaikan selamat kepada seluruh peserta PKKMB yang berhasil lolos melewati beberapa tahap sehingga dapat diterima di kampus. Beliau meyakinkan para mahasiswa baru bahwa kita harus memiliki komitmen yang kuat dan bersungguh-sungguh dalam menjalani pendidikan agar kita senantiasa memperoleh kemudahan. Tidak lupa Pak Doktor, demikian sapaan beliau, memberikan kata-kata motivasi untuk menyemangati para mahasiswa baru.

“Ketika cita telah terpancang tiada lautan menjadi penghalang, tiada hutan menjadi perintang, betapapun jalan itu tidak panjang,” ucapnya penuh semangat.

Bukan hanya pembukaan, hari pertama PKKMB juga diselingi penyampain beberapa materi. Terdapat tiga pemateri di hari pertama. Materi pertama disampaikan oleh Bapak (Assoc.) Prof. H. Iwan Jazadi, S.Pd., M.Ed., Ph.D., yang menyampaikan tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Acara dilanjutkan dengan pemberian materi kedua oleh Ms Dita Rezkia Utami, S.IP., M.DP. tentang Growth Mindset (Pola Pikir Berkembang) dan diakhiri dengan materi dari Bapak Muhammad Irham, S.Pd., M.Pd. tentang Sistem Akademik di kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa.

Sebelum PKKMB di hari pertama berakhir, pihak panitia mengumumkan bahwa akan ada hadiah di hari terakhir untuk beberapa kategori. Terdapat kategori mahasiswa disiplin, mahasiswa aktif, mahasiswa tereksis dan yel-yel terbaik. Diharapkan dengan adanya kategori tersebut dapat memantik semangat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan tersebut sampai akhir.

Pada hari kedua, kegiatan PKKMB dilaksanakan hingga jam 3 sore. Sesi pertama diisi dengan penyampaian materi. Pemateri pertama yaitu Ibu Hj. IGA Widari, S.E., M.Pd., yang menyampaikan materi tentang Administrasi Keuangan dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua tentang Upaya Bela Negara dari Ibu Rahmawati, S.Pd., M.Pd. Di akhir sesi pertama, mahasiswa baru diminta untuk memperdengarkan yel-yel dari masing-masing kelompok yang telah mereka buat sesuai dengan kelompok yang sudah ditentukan di hari pertama. 

Untuk menghilangkan rasa bosan peserta PKKM sebelum berlanjut ke sesi kedua, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa memberikan sebuah persembahan tarian berjudul “Tarian Nirmala”. Acara dilajutkan dengan pembahasan materi dari Bapak Irfan Hamonangan Tarihoran, S.S., M.Hum. mengenai program dan kegiatan kemahasiswaan. Sebagai penutup di hari kedua, Bapak Muhammad Irham, S.Pd., M.Pd. dan Ms Elli Marliana, S.Pd., M.A. memaparkan tentang pengenalan program studi dan sistem bimbingan akademik pada masing-masing program studi.

Di hari terakhir, PKKMB diisi dengan materi penutup yang disampaikan oleh Ms Elli Marliana, S.Pd., M.A. tentang Learning Management System (LMS) sekaligus dirangkaikan dengan penutupan acara. Dosen yang biasanya dipanggil Ms Elli ini memaparkan tentang sistem pembelajaran yang digunakan di kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa yaitu dengan aplikasi Moodle sebagai salah satu wadah dalam perkuliahan online. Acara berlanjut dengan post test sebagai salah satu cara untuk menguji pemahaman peserta PKKMB terhadap materi yang telah diberikan selama beberapa hari sebelumnya. 

Sebelum agenda penutupan, tim panitia membacakan para pemenang untuk masing-masing kategori sebagaimana telah diumumkan sebelumnya. Pemenang untuk kategori mahasiswa disiplin dimenangkan oleh Muhammad Arya. Pemenang untuk kategori mahasiswa aktif jatuh kepada Clara Citra Ramadhan. Kategori mahasiswa tereksis diberikan kepada Nely Kusmawati. Dan untuk kategori terakhir yaitu kelompok dengan yel-yel terbaik dimenangkan oleh kelompok Melbourne. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tukar kado antar mahasiswa baru agar mereka dapat mengenal satu sama lain bahkan menjadi lebih akrab karena tujuan acara ini bukan hanya mengenalkan lingkungan kampus saja melainkan juga terkait bagaimana mereka bisa saling mengenal satu sama lain.

Pemakaian almamater oleh Pembantu Ketua III, Bapak Irfan Hamonangan Tarihoran, S.S., M. Hum.,  kepada salah satu perwakilan mahasiswa baru yaitu Imran Rasyadi dari Program Studi Pendidikan Matematika menjadi tanda bahwa mereka telah resmi menjadi mahasiswa dan bagian dari Kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa.

Di akhir acara, salah satu perwakilan dari mahasiswa baru yaitu Mus Mulyadi menyampaikan pesan dan kesan selama mengikuti rangkaian kegiatan PKKMB. Mus, begitulah sapaannya, menyampaikan bahwa dia tidak menyangka bisa berada di kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa. Ia tidak lupa mengajak sekaligus menyemangati teman-teman yang lain untuk membuat sesuatu yang baru di kemudian.

“Saya mengajak teman-teman sekalian untuk membuat kita yang baru dan emas di periode ini. Marilah kita tingkatkan semangat kita bersama,” pungkasnya.

Acara PKKMB Tahun Ajaran 2022/2023 berjalan lancar dengan harapan bukan hanya dapat memberikan pemahaman lebih kepada mahasiswa baru kampus STKIP Paracendekia NW Sumbawa tetapi juga dapat mempererat tali silaturrahmi antar keluarga besar Kampus Hijau. Semoga para mahasiswa baru dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan juga berkomitmen dalam menjalankan pendidikan mereka dengan baik.

Penulis: Marisa Fitri dan Anuari Dana Tama

Editor: Dita Rezkia Utami dan Safira Ladita

Fotografer: Sarina Puspa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Upcoming Events